Friday 25 December 2015

New Year, New Hair


Hi, guys! Nggak kerasa banget, kita sudah memasuki pergantian tahun dari 2015 ke 2016. Like the typical habit, kita biasanya selalu potong rambut sebagai simbol untuk buang sial di akhir tahun, juga sekaligus ganti model rambut. Kali ini, aku nggak cuma mau ganti model rambut aja, tapi juga ganti warna rambut. Foto before and after sudah aku cantumin di atas!

Model rambutku untuk tahun 2016 ini perubahannya agak esktrim. Biasanya, aku hanya potong poni (yang nggak pernah di-approve papa dan mama, soalnya kelihatan kayak anak kecil) dan membetulkan layer di rambut. Namun, kali ini aku mau potong rambutku sekitar 15cm, jadi medium, tanpa poni, biar kelihatan lebih dewasa. Hohoho. Sebelum potong rambut, aku semacam riset gitu tren potongan rambut untuk tahun 2016, yang tentunya sesuai dengan bentuk muka aku, yaitu square face.
Warna rambutku yang sebelumnya adalah coklat-merah-hitam (bukan ombre). Warna hitam ini muncul karena rambut baru yang tumbuh belum sempat dicat ulang. Hahaha. Sebagai gantinya, aku mau cat warna coklat terang, karena sudah hampir setahun aku pakai warna merah. Untuk menghasilkan warna coklat terang, aku beli warna light blonde, pada pengaplikasiannya aku nggak pakai bleaching.



Aku mewarnai rambutku sendiri. Hahaha. Berasa kayak buku gambar aja rambutnya. Maksudnya, aku semir sendiri gitu, di rumah, nggak di salon. Alat dan bahan yang aku gunakan adalah sebagai berikut :
1. Ilvasto Colours Hair Cream Colorrant (Free Ammonia) C : Very Light Blonde 9.0
2. Ilvasto Volume Cream Peroxide 9%
3. Sisir dan sikat (Two in One)
4. Cangkir untuk bahan
5. Sarung tangan




Sebelum ini, aku mengecat rambutku menggunakan produk dari Loreal, cuma ini kata mbak-nya ada produk lain yang bebas amoniak, dimana produk ini bikin kulit kita nggak perih waktu pengaplikasian. Tapi memang waktu dipakai, baunya juga tidak se-menyengat produk sebelumnya.
Beberapa di antara kalian mungkin bertanya-tanya, kenapa aku pakai volume yang 9%. Alasannya adalah memang formula untuk rambut gelap menggunakan volume yang kadarnya 9%. Semakin tinggi kadarnya (lebih dari 9%), hasil warnanya akan lebih terang. Cuma, takutnya kalau pakai yang 12% bisa bikin rambut super kering kalo rambutnya nggak tahan. Biasanya, kalau dipakai untuk mewarnai uban, pakai kadar 6%.



Cara pengaplikasiannya sederhana :
(Sebelumnya, cuci rambut kamu dengan sampo, tapi jangan pakai conditioner)
1. Pakai sarung tangan yang sudah disediakan.
2. Campurkan Hair Cream (seluruhnya) dengan setengah botol volume.
3. Segera aduk secara merata menggunakan Two in One: Sisir dan Sikar, agar tidak ada Hair Cream yang menggumpal.
4. Aplikasikan cairan pada rambut sedikit demi sedikit. Hindari akar.
5. Jika cairan sudah diaplikasikan pada keseluruhan bagian rambut secara merata, baru oleskan sisa cairan pada akar. Karena pada bagian akar, Hair Cream direspon dengan sangat cepat.
6. Jepit seluruh rambut kamu ke atas. Tunggu selama 45 menit sampai dengan satu jam.
7. Bilas rambut kamu, hanya dengan air, tidak menggunakan sampo. Tapi jangan lupa gunakan conditioner, lebih bagus lagi kalau kondisioner kamu khusus untuk rambut berwarna.



So far, aku suka dengan warna rambut aku. Harusnya warnanya bener-bener light blonde tapi karena aku tidak melakukan bleaching, jadinya coklat terang gitu. Anyway, semoga kalian liat bedanya before dan after, dimana before, warna rambut aku lebih ke merah, sedangkan yang after, lebih coklat.

So, that’s practically what I want to say. Thanks for reading. I hope you find this post useful. I’ll see you soon!

W R I T T E N   W I T H   L O V E   B Y

6 comments:

  1. Mbak, pewarna rambutnya bikin gatal kalo kena kulit gak? karena sy lagi cari pewarna rambut untuk mama yang gak gatal saat kena kulit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Waktu aku pakai ini sih agak gatal, tapi tidak segatal produk yang sebelumnya aku pakai sih. Hehehe.

      Delete
  2. Tadinya kupikir, kalo warnain rambut gak pake dibleach dulu hasilnya bakal butek gitu mbak. ternyata bagus-bagus aja yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Hehehe. Ini juga baru pertama kali coba ;D

      Delete